Microsoft Excel adalah sebuah aplikasi atau program yang mempunyai fungsi utama untuk mengolah angka dengan menggunakan spreadsheet yang terdiri dari kolom dan baris untuk mengikuti perintah.
Microsoft Excel sendiri saat ini banyak digunakan oleh pelajar maupun pekerja kantoran. Microsoft Excel mempunyai banyak sekali rumus dan tidak banyak orang yang tahu rumus-rumus tersebut. Maka dari itu di artikel ini akan dibahas mengenai rumus Excel paling sering digunakan di dunia kerja.
Penasaran? Baca sampai selesai yuk!
Table of Contents
Rumus Excel Paling Sering Digunakan di Dunia Kerja
Berikut ini adalah rumus Excel yang sering digunakan di dunia kerja, antara lain:
1. AND
Rumus AND berfungsi untuk mencari nilai dengan perbandingan “dan” atau membandingkan sejumlah kondisi yang nantinya akan menghasilkan nilai TRUE atau FALSE. Hasil TRUE akan dipakai jika semua kondisi terpenuhi sedangkan FALSE akan dipakai jika salah satu atau semua kondisi terpenuhi.
Misalnya seperti jika kondisi 1 “YA” dan kondisi 2 “TIDAK” maka nilai AND akan FALSE, jika kondisi 1 “TIDAK” dan kondisi 2 “TIDAK” maka nilai AND akan FALSE, jika kondisi 1 “YA” dan kondisi 2 ”YA” maka nilai AND akan “TRUE”.
Rumus ini di tulisan dengan =AND(kondisi_1;kondisi_2;…).
2. Average
Rumus Average berfungsi untuk mencari nilai rata-rata dalam sebuah data yang dituliskan =AVERAGE(sel awal:sel akhir). Contoh penggunaan rumus Average adalah =AVERAGE(C3:C6).
3. VLookUp
Rumus VLookUp berfungsi untuk mengisi data pada tabel menurut data pada tabel referensi dengan menggunakan kunci spesifik pada kolom vertikal. Rumus ini dituliskan dengan =VLOOKUP((nilai_kunci;range_tabel_referensi;no_index_kolom;tipe_data).
4. Clean
Rumus Clean berfungsi untuk menghilangkan semua karakter yang tidak dapat dicetak atau not printable character dan dituliskan =CLEAN(karakter yang ingin dibersihkan). Contoh penggunaan rumus Clean adalah =CLEAN(H6).
5. Count
Rumus Count berfungsi untuk menghitung berapa banyak sel yang berisi angka dan menghitung angka dalam suatu data. Rumus ini dituliskan =COUNT(sel awal:sel akhir). Contoh penggunaannya =COUNT(B2;B6).
6. CountA
Rumus CountA berfungsi untuk menghitung jumlah sel yang di dalamnya terdapat data atau tidak kosong. Rumus ini dituliskan =COUNTA(range sel). Contoh penggunaanya adalah =COUNTA(B1:B23).
7. CountIF
Rumus CountIF berfungsi untuk menghitung banyaknya data yang dituliskan dengan =COUNTIF(range data;kondisi). Contoh penggunaan rumus ini adalah terdapat data siswa kelas 6 yang lulus dan tidak lulus. Untuk bisa mengetahui jumlah keseluruhan siswa lulus maka bisa digunakan rumus =COUNTIF(D3:D10;LULUS).
8. Date
Rumus Date berfungsi untuk menambahkan tanggal pada file Excel yang dituliskan =DATE(year;month;day). Contoh penggunaan rumus ini adalah =DATE(2021;1;1).
9. Day
Rumus Day berfungsi untuk mencari hari pada sebuah data. Penulisan rumus ini adalah =DAY(sel berisi tanggal hari).
10. HLookUp
Rumus HLookUp berfungsi untuk mengisi data pada tabel menurut data tabel referensi dengan menggunakan kunci spesifik pada baris horizontal. Rumus ini dituliskan dengan =VLOOKUP((nilai_kunci;range_tabel_referensi;no_index_baris;tipe_data).
11. IF
Rumus IF berfungsi untuk mengembalikan sebuah nilai yang jika kondisinya dicek akan menghasilkan BENAR atau SALAH dan mengembalikan nilai lainnya jika kondisinya dicek akan menghasilkan SALAH atau FALSE.
Contoh penggunaannya adalah jika nama A mendapatkan nilai lebih dari nilai yang ditentukan maka dianggap LULUS dan jika di bawah nilai tersebut maka dianggap GAGAL.
Contoh penulisannya adalah =IF(sel nilai>ketuntasan minimal;”LULUS”;”GAGAL”).
12. Left
Rumus Left berfungsi untuk mengambil beberapa karakter dari arah kiri yang dituliskan dengan =LEFT(teks;jumlah_karakter). Contoh penggunaannya adalah jika pada sel A2 diketikkan formula =LEFT(“BOTOL”;3) maka hasilnya pada sel A2 akan menampilkan kata BOT yang merupakan 3 karakter pertama dari arah kiri.
13. Lower
Rumus Lower berfungsi untuk mengubah semua teks yang berisi huruf besar agar menjadi huruf kecil. Rumus ini dituliskan =LOWER(teks).
14. Match
Rumus Match berfungsi untuk menampilkan posisi dalam suatu sel yang telah ditetapkan dalam sekelompok data. Contoh kasus penggunaan rumus ini adalah untuk menampilkan peringkat dari sebuah data. Rumus Match dituliskan dengan =MATCH(lookup_value;lookup_array;match_type).
15. Max
Rumus Max berfungsi untuk mengetahui nilai maksimum dari beberapa data. Rumus ini dituliskan =MAX(sel awal:sel akhir). Contoh penggunaan rumus Match adalah =MAX(D4:D6).
16. Mid
Rumus Mid berfungsi untuk mengambil beberapa karakter dari arah kiri tetapi awal penampilannya bisa kamu tentukan sendiri. Penulisan rumus Mid yaitu =MID(teks awal;jumlah_karakter).
Contoh penggunaanya adalah jika di sel B3 diketikkan rumus =MID(“BOTOL”;2;3) maka hasilnya di sel B3 akan menampilkan kata OTO yang merupakan 3 karakter yang dihitung dari karakter ke-2 dari arah kiri.
17. Min
Rumus Min berfungsi untuk mengetahui nilai minimum dari beberapa data yang dituliskan dengan =MIN(sel awal:sel akhir). Contoh penggunaan rumus ini adalah =MIN(B2:B7).
18. Month
Rumus Month berfungsi untuk mencari bulan dalam suatu data. Rumus ini dituliskan dengan =MONTH(sel data).
19. OR
Rumus OR berfungsi untuk membandingkan beberapa kondisi yang nantinya akan menghasilkan jawaban FALSE atau TRUE. Kondisi FALSE akan dipakai jika semua kondisi tidak terpenuhi sedangkan TRUE dipakai jika salah satu atau semua kondisi terpenuhi. Rumus OR dituliskan dengan =OR(kondisi_1;kondisi_2;kondisi_3;…).
Contoh penggunaan rumus ini adalah jika kondisi 1 adalah “YA” dan kondisi 2 adalah “YA” maka nilai OR TRUE, jika kondisi 1 “YA” dan kondisi 2 “TIDAK” maka nilai OR TRUE, jika kondisi 1 adalah “TIDAK” dan kondisi 2 “TIDAK” maka nilai OR FALSE”.
20. Proper
Rumus Proper berfungsi untuk mengubah karakter pertama pada semua kata menjadi huruf besar. Rumus ini dituliskan dengan =PROPER(teks).
21. Rept
Rumus Rept berfungsi untuk menghitung berapa banyak pengulangan karakter atau kata. Contoh kasusnya adalah untuk digunakan menghitung jumlah suara pada pemilihan ketua OSIS. Rumus ini dituliskan dengan =REPT(|;berapa banyak adanya pengulangan.
22. Right
Rumus Right berfungsi untuk mengambil beberapa karakter dari arah kanan yang dituliskan dengan =RIGHT(teks;jumlah_karakter). Contoh penggunaanya adalah jika di sel B4 diketikkan rumus =RIGHT(“TISU”;3) maka hasilnya di sel B4 akan menampilkan kata ISU yang merupakan 3 karakter dari arah kanan.
23. Round
Rumus Round berfungsi untuk membulatkan angka desimal. Rumus ini dituliskan =ROUND(sel angka desimal;digit angka di belakang koma).
24. SUM
Rumus SUM berfungsi untuk menjumlahkan atau mencari penjumlahan data dari beberapa sel. Rumus ini dituliskan dengan =SUM(sel awal:sel akhir). Contoh penggunaan rumus SUM adalah =SUM(B3:B6).
25. SumIF
Rumus SumIF berfungsi untuk menjumlahkan data pada range tertentu yang mengacu pada kondisi tertentu. Rumus ini dituliskan =SUMIF(range kondisi;kondisi;range data).
Contoh penggunaannya adalah terdapat data mengenai kondisi barang yang “rusak” dan “bagus” di range E2 hingga E7. Pada range F2 hingga F7 terdapat data harga barangnya.
Untuk bisa menjumlahkan berapa barang dengan kondisi “rusak” atau “bagus” beserta harganya adalah dengan menuliskan rumus =SUMIF(E2:E7;”BAGUS”;F2:F7).
26. Trim
Rumus Trim berfungsi untuk membenarkan teks dengan menghapus spasi yang terlalu banyak. Rumus ini dituliskan =TRIM(teks).
27. Upper
Rumus Upper berfungsi untuk mengubah semua teks yang berisi huruf kecil menjadi huruf besar. Rumus isi dituliskan =UPPER(teks).
28. Concatenate
Rumus Concatenate berfungsi untuk menggabungkan beberapa teks agar menjadi satu teks utuh yang dituliskan =CONCATENATE(teks1;teks2;…). Contoh penggunaan rumus Concatenate adalah =CONCATENATE(H2;H5).
29. Year
Rumus Year berfungsi untuk mencari tahun pada data. Rumus ini dituliskan dengan =YEAR(sel yang ingin diambil datanya).
Sekian informasi mengenai 29 rumus Excel paling sering digunakan di dunia kerja. Semoga membantu dan bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih!