Bagi sebagian orang, interview kerja bisa menjadi momok yang menakutkan. Apalagi jika Kamu adalah seorang fresh graduate, yang baru saja memulai pengalaman menjadi job seeker. Takut dan cemas tentu menjadi kendala ketika melakukan interview kerja.
Lalu, bagaimana solusinya? Sebelum memenuhi undangan interview, Kamu memang harus menyiapkan diri sebaik-baiknya. Nah, simak 11 tips supaya lolos interview kerja berikut ini.
Table of Contents
1. Cari Tahu tentang Profil dari Perusahaan yang Dilamar
Hal paling utama yang harus Kamu lakukan adalah mencari tahu profil lengkap dari perusahaan yang dilamar. Cari tahu tentang visi, misi, produk, kompetitor, dan lain sebagainya. Hal ini perlu dilakukan agar dapat membantu Kamu ketika ada pertanyaan dari interviewer nantinya.
2. Bersikap Komunikatif untuk Memberi Kesan Baik
Menjawab dengan jawaban-jawaban pendek, seperti “Ya” dan “Tidak” tanpa memberikan penjelasan apapun, sangat dilarang saat interview kerja. Sampaikan jawaban jujur dengan kalimat yang baik dan mampu menjelaskan diri Kamu. Komunikatif dalam menjawab pertanyaan dapat memberi kesan personal yang baik dan akan menambah nilai plus tentunya.
Baca juga: Contoh Surat Keterangan Kerja
3. Jangan Menjawab Pertanyaan dengan Jawaban yang Bertele-Tele
Hindari menjawab pertanyaan dengan jawaban yang bertele-tele. Sampaikan jawaban Anda dengan bahasa yang ringkas dan mudah dimengerti oleh rekruter. Caranya, pahami terlebih dahulu pertanyaan yang diajukan, kemudian siapkan beberapa ringkasan jawaban yang lugas dan mengena. Kamu akan dinilai sebagai calon karyawan yang tenang dan bijaksana.
4. Hindari Jeda yang Lama Ketika Menjawab Pertanyaan
Jeda yang lama bisa membuat fokus pada jawaban bisa hilang. Beri jeda secukupnya, dan maksimalkan waktu interview dengan optimal.
5. Bersikap Ramah dan Percaya Diri
Menjelaskan tentang diri dan kemampuan yang Kamu miliki dengan percaya diri, akan menambah nilai plus. Interviewer akan melihat kesiapan dan antusiasmu ketika melamar posisi di lowongan pekerjaan yang ditawarkan. Tapi ingat, hindari sikap angkuh dan over percaya diri, ya. Tetap pertahankan sikap ramah selama waktu interview.
6. Persiapkan Pengetahuan tentang Posisi yang Dilamar
Sama seperti pengetahun tentang perusahaan yang dilamar, penting bagi Kamu untuk memahami jobdesk dari posisi tersebut. Sehingga interviewer akan menilai Kamu sebagai kandidat yang pantas untuk mengisi posisi tersebut.
7. Ceritakan Pengalaman yang Sesuai dengan Posisi yang Dilamar
Beberapa posisi pekerjaan butuh orang yang sudah memiliki pengalaman. Jika Kamu memiliki pengalaman yang sesuai, ceritakan pengalaman tersebut sebagai nilai tambah.
8. Tidak Perlu Menceritakan Aib Perusahaan Lama
Kamu boleh menceritakan tentang pengalaman kerja sebelumnya, ketika ditanya oleh interviewer. Tapi, tidak perlu menceritakan tentang aib perusahaan tersebut. Jelaskan secara garis besarnya saja.
9. Jangan Malu Bertanya
Kamu berhak bertanya tentang hal-hal yang terkait dengan lowongan pekerjaan. Hal ini akan memberi kesan bahwa Kamu antusias selama interview berlangsung. Biasanya, interviewer akan membuka sesi ini di akhir waktu interview. Jadi manfaatkan momen ini, untuk menambah penilaian.
10. Jaga Sikap dan Intonasi Bicara Selama Interview Berlangsung
Kamu perlu menjawab semua pertanyaan interviewer dengan diplomatis dan tidak muluk-muluk selama proses wawancara. Sikap yang baik dan intonasi bicara yang sesuai, juga bisa untuk melengkapinya. Tentunya, ini akan menjadi penilaian oleh para interveiwer.
11. Hindari Mendominasi Sesi Wawancara
Kesalahan yang sering dilakukan oleh calon karyawan adalah secara tidak sadar mendominasi sesi wawancara. Biasanya Kamu akan diberi kesempatan bertanya, namun ajukan pertanyaan sewajarnya saja. Jangan sampai mengambil alih posisi interviewer.
Semoga 11 tips di atas dapat membantu Kamu lolos dari interview kerja. Yang terpenting, jangan mudah menyerah dan perbaiki setiap detail kesalahan yang dilakukan terdahulu, setiap kali melakukan wawancara di tempat baru.