Trik dan Cara Cepat Dapat Kerja saat Pandemi – Menurut data terakhir pada bulan Agustus 2020, terdapat setidaknya 3,5 juta penduduk Indonesia di-PHK sebagai imbas pandemi Covid-19. Data ini, kian menambah daftar pengangguran nasional yang sebelumnya cukup tinggi.
Banyaknya jumlah perusahaan yang terpaksa gulung tikar akibat krisis ekonomi, membuat orang-orang kehilangan pekerjaannya. Belum lagi, keahlian yang terbatas dari banyak lulusan baru di tiap jenjang pendidikan.
Tapi jangan khawatir, karena trik dan cara cepat dapat kerja saat pandemic berikut ini bisa Anda terapkan. Meski dengan banyaknya kompetitor, memulai langkah dan strategi yang tepat bisa membantu Anda mendapatkan kesempatan baru.
Table of Contents
Cara Cepat Dapat Kerja saat Pandemi
Selain meningkatkan dan mengasah keterampilan, menggunakan sejumlah cara berikut ini cukup ampuh.
1. Libatkan Jaringan dengan Maksimal
Saat ini, orang-orang paham jika kondisi finansial terutama mereka yang kehilangan pekerjaan akan sulit. Untuk itu, jangan ragu melibatkan jaringan yang Anda miliki untuk membantu dan membuka jalan ke pekerjaan baru.
Anda bisa meminta referensi rekan yang bekerja di perusahaan tertentu untuk mengetahui lowongan yang disediakan. Dengan aktif meminta informasi, rekan atau keluarga akan memberitahu Anda jika terdapat perekrutan dengan lebih masif. Metode referensi ini juga bisa membantu memberikan rekomendasi kepada pihak internal perusahaan.
Jangan ragu untuk menghubungi kolega yang dirasa memiliki posisi yang baik. Mereka bisa jadi tertarik merekrut Anda karena dianggap telah mengenal secara pribadi, dan bisa memastikan etos kerja ke depannya. Melibatkan orang dalam tak selamanya buruk, jika Anda memang memiliki kompetensi yang selaras dengan posisi dan perusahaan yang dituju.
2. Latihan Wawancara melalui Telepon atau Video
Alternatif proses seleksi dominan menggunakan metode daring atau online. Berbeda dengan wawancara tatap muka pada umumnya, metode ini akan sangat berbeda terlebih jika Anda belum pernah melakukannya. Cobalah untuk berlatih wawancara via telepon dan video lalu asah komunikasi agar lebih meyakinkan.
Tidak semua orang memiliki kepercayaan diri yang baik di depan kamera. Untuk memastikannya, sering berlatih secara pribadi atau libatkan orang-orang terdekat untuk membantu Anda.
3. Tonjolkan Keterampilan
Dengan begitu banyaknya kompetitor, perusahaan pasti akan selektif dalam memilih berdasarkan kemampuan yang dimiliki kandidatnya. Untuk itu, pastikan saat pengajuan lamaran maupun wawancara Anda menitikberatkan pada kemampuan yang selaras dengan posisi yang dilamar.
Baik itu melalui pengalaman atau pelatihan yang pernah diikuti. Setiap menjawab pertanyaan pun, usahakan mengarah kepada kemampuan pribadi yang dibutuhkan pada posisi terkait. Jawab secara profesional dan jujur bisa menjadi kunci keberhasilan dalam proses rekrutmen.
4. Perhatikan Surat Lamaran
Selain kompetensi, memperhatikan hal-hal sederhana macam surat lamaran juga perlu dilakukan. Tahap seleksi administrasi misalnya, merupakan dasar paling utama agar HRD mau melirik lamaran Anda untuk diteruskan ke tahap selanjutnya. Surat lamaran harus disusun dengan rapih, termasuk CV yang menarik dan menonjolkan kemampuan personal Anda.
Selain itu, jangan asal mengirim lamaran jika kualifikasi yang tercantum tidak Anda penuhi. Beberapa orang memilih coba-coba saat mengirim lamaran, meski ada beberapa perekrut fleksibel, mengirim lamaran dengan kualifikasi yang tidak dapat Anda pertanggungjawabkan hanya sia-sia.
5. Pelajari Keterampilan Baru
Selama proses pencarian kerja, jangan hanya berpatok pada keterampilan yang Anda miliki saat ini. Cobalah untuk mempelajari kemampuan apa yang banyak dibutuhkan, dan pelajari bidang yang memungkinkan untuk dipelajari secara otodidak. Atau, jika Anda memiliki dana cukup, ikuti pelatihan rutin yang memberi sertifikat.
Semakin banyak keterampilan baru yang dipelajari, semakin besar pula kualifikasi yang Anda bisa penuhi di setiap kesempatan kerja. Itulah trik dan cara cepat dapat kerja saat pandemi yang wajib diterapkan. Jangan menyerah, dan terus berusaha!