Panduan, Manfaat dan Cara Membuat Surat Keterangan Domisili – Apakah Anda sering mengurus beberapa keperluan administrasi, semisal kependudukan dan membutuhkan Surat Keterangan Domisili (SKD)? Pendatang untuk pengurusan KTP misalnya, pernikahan, melamar pekerjaan termasuk izin usaha juga memerlukan surat ini sebagai syarat pendukung dan bukti kependudukan.
Namun, untuk mendapatkannya ada beberapa proses dan tahap yang harus dilalui, dengan mengajukan permohonan kepada pejabat daerah setempat dengan waktu tertentu. Surat keterangan domisili, berisi surat yang menerangkan jika data yang tercantum benar sebagai warganya dan bermukim sesuai data pada surat yang diterbitkan.
Untuk itu, Anda perlu memahami panduan detail, manfaat serta cara membuat surat domisili dengan lebih efisien dan cepat. Setiap tahap hanya memerlukan persyaratan dokumen yang sesuai, dan pengajuan yang benar.
Table of Contents
Panduan Cara Membuat Surat Domisili
Sebelum lebih detail perihal cara membuat surat domisili, ada beberapa manfaat surat keterangan domisili yang perlu diketahui sebagai pengganti surat keterangan pindah. SKD, memang ditujukan untuk pengurusan pelbagai syarat administrasi sekaligus pemetaan bagi setiap pendatang.
Pemerintah sendiri, dalam regulasinya menerapkan sistem zonasi bagi setiap perusahaan menggunakan Surat Keterangan Domisili Perusahaan (SKDP). Sifatnya, sebagaimana undang-undang yang berlaku merupakan bagian dari administrasi kependudukan dengan landasan hukum yang sah.
1. Syarat Membuat Surat Keterangan Domisili
Sebelum menyambangi pejabat daerah setempat, hal lain yang harus diketahui adalah persyaratan dalam pengajuan yang meliputi beberapa hal penting seperti berikut ini.
- Surat permohonan keabsahan dokumen yang ditandatangani berikut meterai di atas 6.000.
- Surat pengantar RT dan RW yang sesuai dengan data KTP.
- Surat kuasa jika diwakilkan dengan tanda tangan di atas meterai 6.000.
- Fotokopi kartu tanda penduduk asli.
- Fotokopi Kartu Keluarga (KK).
- Pas foto berukuran 3 x 4 warna.
Ada kemungkinan dokumen yang dibutuhkan lebih sedikit atau lebih banyak dibanding data di atas, tergantung wilayah. Selain merujuk kepada poin di atas, tak ada salahnya menghubungi perangkat daerah setempat untuk memastikan kesesuaian persyaratan yang dibutuhkan.
2. Cara Membuat Surat Keterangan Domisili
Setelah seluruh dokumen persyaratan terpenuhi, berikutnya tentu mendatangi kantor kelurahan atau desa setempat. Alur pembuatan secara umum pada dasarnya cukup mudah, dengan menyerahkan seluruh berkas persyaratan kepada staf kelurahan atau desa.
Selanjutnya mengajukan surat permohonan pembuatan surat keterangan domisili, staf tersebut nantinya akan melakukan pemeriksaan secara substantif terkait seluruh dokumen yang ikut serta. Jika lengkap, surat akan segera diterbitkan berikut tanda tangan dan stempel dari pihak berwenang.
Di sisi lain, jika Anda membutuhkan surat lebih dari satu rangkap untuk disahkan bisa berkoordinasi langsung dengan pihak kelurahan atau kepala desa setempat. Secara aturan, pembuatan surat keterangan domisili tidak dibebankan biaya sama sekali dalam pengurusannya.
Manfaat Surat Keterangan Domisili
Setiap pendatang terutama, diwajibkan mengurus surat keterangan domisili kepada instansi berwenang yakni kantor kepala desa atau kelurahan setempat. Beberapa manfaat yang bisa dikenali adalah sebagai berikut:
- Pendaftaran sekolah dan pelbagai jenjang pendidikan
- Akta kelahiran
- Persyaratan dokumen pernikahan
- Pengajuan beasiswa pendidikan
- Melamar pekerjaan
- Pengurusan dokumen legal
Panduan, manfaat serta cara membuat surat domisili di atas jika mendukung hanya membutuhkan waktu beberapa hari saja. Baiknya, untuk melengkapi seluruh persyaratan dokumen dengan baik agar menghindari kemungkinan pengembalian karena data yang tidak lengkap.