Seperti yang telah diketahui, kehadiran internet banking sangat membantu dalam bertransaksi perbankan. Internet banking jauh lebih efisien dibanding dengan bertransaksi melalui ATM atau datang ke Bank.
Saat ini hampir seluruh Bank memiliki layanan internet banking untuk memberikan pelayanan terbaik kepada nasabah, tidak terkecuali Bank Mandiri.
Bank Mandiri menyadari bahwa internet banking dapat memberikan keleluasaan nasabah saat bertransaksi perbankan. Untuk memenuhi hal tersebut, Bank Mandiri telah menyediakan layanan Mandiri Online dan Mandiri Internet.
Lantas bagaimana cara mendaftar internet banking Mandiri? Yuk simak penjelasan singkatnya di bawah ini!
Table of Contents
Cara Daftar Layanan Internet Banking Mandiri
Ada dua cara yang dapat digunakan untuk mendaftarkan internet banking, yaitu :
Daftar Melalui Online
Berikut ini Langkah-langkah mendaftar internet banking Mandiri melalui online, yaitu:
- Buka situs https://ib.bankmandiri.co.id
- Klik “Pengguna Baru/ Registrasi Ulang”. Kemudian pilih “silakan klik di sini”
- Setelah muncul halaman aktivasi, klik “setuju”
- Masukkan 16 digit dan akses kode internet banking. Lalu pilih “aktifkan”
- Kemudian akan muncul isian User ID dan PIN serta alamat email. Kemudian pilih “kirim”.
- Jika telah sukses, maka akan muncul pernyatan “aktivasi internet banking berhasil”.
- Kemudian, silakan kunjungi kantor cabang Bank Mandiri untuk mengaktivasi sepenuhnya, sehingga Kamu dapat menikmati fitur-fitur yang ada.
Daftar Lewat ATM Mandiri
Berikut tutorial singkat yang dapat dicoba untuk mendaftarkan internet banking Mandiri melalui mesin ATM, yaitu :
- Silakan kunjungi gerai ATM yang terdekat
- Masukkan kartu di mesin ATM dan tekan nomor pin
- Pilih menu registrasi e-banking, lalu ikuti instruksi yang tampak di layar ATM
- Tekan 16 digit yang tertera di kartu debit Mandiri untuk membuat ID akses
- Kemudian segera datang ke Kantor cabang bank Mandiri untuk mendapatkan token. Token merupakan alat yang dapat menambah lapisan pengaman. Token hanya dapat digunakan satu kali saja. Biaya yang dikeluarkan untuk membeli token adalah Rp.20.000, selanjutnya jika token hilang maka harus mengganti Rp.100.000,-
- Aktifkan token dengan mengunjungi website resmi Bank Mandiri.
- Masukkan ID akses yang telah diterima tadi.
- Buat Username ID serta PIN untuk log in.
Mandiri Online dan Mandiri Internet, Apa Bedanya?
Mandiri Internet merupakan salah satu layanan yang dimiliki Bank Mandiri untuk mempermudah nasabah mengakses rekening yang dimiliki hanya melalui jaringan internet. Data rekening dapat diakses setiap waktu dalam 24 jam. Kamu cukup mengaksesnya di website https://ib.bankmandiri.co.id/
Sedangkan Mandiri Online adalah layanan internet banking berbasis aplikasi mobile phone. Ada banyak fitur yang dapat diakses melalui Mandiri Online, antara lain:
- Transaksi finansial, misalnya membeli pulsa, pembayaran kredit, transfer dan lain-lain
- Layanan Top Up e-cash, Go-Pay, M-tix, dan aplikasi uang elektronik lainnya.
- Histori transaksi yang lengkap, seperti cek saldo, cek mutasi, transfer, dll
- Buka deposit atau tabungan.
Keuntungan Menggunakan Layanan Internet Banking Mandiri
Berikut ini beberapa kelebihan menggunakan layanan internet banking Mandiri, di antaranya:
- Lebih praktis dan mudah digunakan dalam kehidupan sehari-hari
- Bisa diakses kapanpun dan di mana saja selama ada koneksi internet yang stabil
- Terdapat fitur user interface yang mudah dipahami. Sehingga dapat dengan mudah digunakan oleh Kamu yang baru mengunduh/ menggunakan aplikasi ini.
- Sangat membantu dalam melakukan transaksi perbankan. Kamu tidak perlu lagi ke ATM atau ke Bank jika ingin melakukan pembayaran saat belanja online atau membayar tagihan lainnya. Bahkan Kamu juga bisa mentransfer dana tunai ke bank lain dengan cukup mudah.
- Cukup dengan satu ID saja, Kamu sudah bisa mengakses berbagai fitur di aplikasi ini.
- Semua transaksi yang diakses tidak dipungut biaya apapun, kecuali biaya transfer antar bank
- Sangat aman digunakan karena semua transaksi dilindungi oleh multi-layered security system dan token.