Siapa, sih, yang tidak kenal dengan produk-produk dari bisnis franchise? Sebut saja beberapa produk makanan cepat saji dari luar negeri, seperti KFC, Pizza Hut, dan McDonalds. Familiar, bukan?
Tapi, tahukah, Kamu? Bisnis franchise di Indonesia sebenarnya bermula pada dealer dan lisensi penjualan kendaraan bermotor, lho. Semakin populer, bisnis franchise kini pun merambah ke bermacam bidang.
Selain pada produk makanan dan minuman, ada pula franchise yang menjual barang-barang fashion, elektronik, apotek, dan lain sebagainya. Tapi, sebenarnya apa itu franchise? Lalu, bagaimana skema bisnisnya? Simak informasinya berikut ini.
Table of Contents
Apa Itu Franchise?
Di Indonesia, franchise ditetapkan sebagai hak khusus yang dimiliki oleh orang perseorangan maupun badan usaha, terhadap sistem bisnis. Franchise memiliki ciri khas usaha yaitu untuk memasarkan barang/jasa yang sudah terbukti berhasil. Selain itu franchise juga bisa dimanfaatkan/digunakan oleh pihak lain.
Secara umum, bisnis franchise menggunakan perjanjian waralaba yang sudah ditentukan. Ada beberapa istilah dalam dunia franchise, yaitu:
Franchisor (pemberi waralaba)
Merupakan orang perseorangan maupun badan usaha, yang memberikan hak waralabanya kepada pihak penerima waralaba, untuk digunakan dan dimanfaatkan.
Franchisee (penerima waralaba)
Merupakan orang perseorangan maupun badan usaha, yang diberikan hak waralaba oleh pemberi waralaba agar bisa digunakan dan dimanfaatkan.
Franchise Fee
Merupakan istilah bagi pembayaran yang dilakukan oleh penerima waralaba kepada pemberi, agar bisa mendapatkan hak waralaba atas kekayaan intelektual/segala penemuan dari brand yang dimiliki si pemberi.
Kriteria Bisnis Franchise di Indonesia
- Memiliki ciri khas dan keunikan usaha
- Terbukti sudah mampu memberikan keuntungan
- Memiliki standar pelayanan dan standar kualitas barang/jasa
- Mudah untuk diajarkan dan diaplikasikan
- Adanya dukungan yang konsisten dan berkesinambungan
- Hak Kekayaan Intelektual (HKI) telah terdaftar
Skema Bisnis Franchise dan Keunggulannya
Tidak perlu heran, saat ini franchise memang semakin populer baik dari sisi pelaku usaha maupun dari sisi target pasarnya. Dari sisi pelaku usaha, bisnis franchise menjadi salah satu jenis bisnis yang paling mudah dan cepat dilakukan
Berikut skema jika berbisnis franchise :
-
Mudah dijalankan
Memilih berbisnis franchise adalah pilihan yang tepat. Biasanya brands yang menjual lisensi franchise sudah cukup terkenal di masyarakat.
Dengan demikian, Kamu tidak perlu repot mencari cara mengenalkan brand.
-
Pengelolaan bisnis jelas
Kamu sebagai pemilik modal, hanya perlu menyiapkan sejumlah dana untuk membeli lisensi. Kemudian urusan ketersediaan produk, tempat usaha, maupun kelengkapan bisnis menjadi tanggung jawab franchisor.
-
Manajemen terstruktur
Selain itu, bisnis franchise juga terbukti mampu memudahkan para pelaku usaha dalam kegiatan manajemen yang dijalankan. Alasannya, pembeli lisensi hanya perlu menerapkan standar yang sudah ditentukan oleh franchisor.
Sederhananya, pembeli lisensi franchise hanya tinggal ‘terima beres’. Salah satu contoh gambarannya, ketika Kamu membeli sebuah brand franchise minuman boba, yang sedang hits saat ini.
Maka, Kamu akan menerima satu paket lengkap yang berisi bahan baku, resep, alat produksi, desain tempat, media promosi, sampai karyawan. Jadi, Kamu hanya perlu fokus pada proses pengembangan bisnis tersebut untuk meningkatkan penjualannya.
Kesimpulan
Itulah informasi terkait dengan franchise dan skema bisnisnya. Jika Kamu tertarik untuk menjalankan bisnis franchise, maka perlu mempertimbangkan biaya yang harus dikeluarkan.
Nah, ini dia biaya-biaya yang timbul atas kesepakatan franchise:
- Franchise fee (biaya untuk membeli lisensi kepada franchisor, sebelum bisnis franchise mulai beroperasi)
- Royalty fee franchise (biaya setelah bisnis franchise mulai beroperasi. Biasanya dibayar per bulan, dan dihitung dari persentase penjualan)
- Biaya bahan baku/persediaan (biaya untuk pembelian bahan baku/persediaan dari franchisor)
Bagaimana? Apakah Kamu tertarik untuk mencoba bisnis franchise sekarang?