Kisah Inspiratif Para Founder Warunk Upnormal
Buat kamu anak nongkrong, tentu nggak asing lagi kan dengan nama Warunk Upnormal? Yups, warung Indomie kekinian tersebut sangat dikenal di Indonesia karena menyajikan mie instan, persis dengan tampilan yang ada di gambar kemasannya.
Tidak hanya itu, masih banyak menu andalan lainnya dari Warunk Upnormal, yang membuat warung kekinian ini kerap dijadikan tempat nongkrong favorit anak muda, terutama di akhir pekan.
Dibalik kesuksesan dari Warunk Upnormal, ada sosok bersahaja yang bernama Rex Marindo. Dalam sebuah perenungannya, Rex sadar jika keinginannya untuk pensiun di usia 40 tahun tidak akan bisa terwujud jika masih menekuni profesi konsultan pemasaran.
Alhasil, Rex pun kemudian nekat untuk membuka Nasi Goreng Mafia di Bandung. Dengan modal Rp.100 juta, dia pun kemudian membuka warung nasi gorengnya sendiri. Uang tersebut dibagi menjadi dua, setengah untuk sewa tempat, dan setengahnya lagi sebagai biaya operasional.
Bertumpu Pada Kekuatan Doa
Menariknya, di hari pertama pembukaan warung tersebut, Rex memutuskan untuk menggratiskan 1000 piring. Pelanggan yang datang hanya diminta untuk mendoakan agar usahanya lancar. Setiap pelanggan yang datang, akan diberi kertas berisi doa.
Diluar dugaan, bisnis warung nasi gorengnya laku keras. Dia pun kemudian menambahkan menu baru, yakni mie instan. Tentu bukan mie instan biasanya, dia menyajikan mie instan tersebut, persis seperti apa yang terdapat dalam gambar kemasan mie tersebut.
Usaha kuliner tersebut melejit dengan cepat. Dalam kurun waktu 4 tahun, Rex kemudian mengajak teman-temannya untuk mendirikan sebuah perusahaan yang berfokus di bidang kuliner dengan nama PT Citarasa Prima Indonesia Berjaya (CRP).
Di bawah bendera CRP inilah usaha Rex berhasil melebarkan sayapnya ke berbagai daerah di Indonesia dengan brand Warunk Upnormal. Menariknya, Rex tidak menggunakan dana pinjaman Bank sepeserpun. Dia lebih memilih menggaet investor ketimbang menerima ‘akad riba’.
Tidak hanya itu, jejak kesuksesan Nasi Goreng Mafia dengan menggelar promosi 1000 porsi gratis terus dilanjutkan Warunk Upnormal dan beberapa cabang usaha lainnya, seperti ia Bakso Boedjangan, Sambal Karmila, Fish Wow Cheeseee (FWC), Upnormal Coffee Roaster dan lainnya.
Hasilnya luar biasa, kekuatan doa tersebut berhasil membuat nama Warunk Upnormal semakin berkibar. Tidak hanya itu, nama Rex pun akhirnya melejit dan berhasil jadi salah satu pengusaha muda tersukses di Indonesia.
Berawal Dari Hobi Nongkrong
Sementara itu, founder Warunk Upnormal lainnya, Sarita Sutedja, dalam acara workshop Young and Innovative, mengaku jika bisnis yang ditekuninya ini berasal dari pengalaman di bulan Juni 2014, ketika dirinya masih jadi Mahasiswa di Bandung.
Ketika itu, sebagai anak muda Sarita merasa ada kebutuhan eksistensi yang harus dipenuhinya, salah satunya berfoto ria bersama teman-teman tapi dengan latar gantungan kopi.
Dari sinilah muncul ide untuk menciptakan warung yang indonesia banget, tapi tetap memenuhi semua kriteria manusia era modern. Selain itu, menu yang disajikan pun harus ramah di kantong, menyediakan banyak colokan charger, wifi dan tempat yang instagramable.
Konsep inilah yang kemudian dia bawa dalam pendirian Warunk Upnormal. Bersama dengan founder lainnya, Sarita bertekad untuk menjadikan Warunk Upnormal sebagai tempat nongkrong anak muda, yang memenuhi semua kriteria yang mereka butuhkan.
Lebih lanjut lagi, selama perjalanan Warunk Upnormal, tentu ada banyak komentar dari pihak luar. Terkait hal ini, dirinya tidak mau ambil pusing. Yang positif kita ucapkan terimakasih, dan kritik harus dihargai, anggap sebagai rasa sayang dari pelanggan.