Table of Contents
Bagaimana Digital Marketing Dapat Membantu Bisnis Kamu di Masa Pandemi
Di seluruh dunia, bisnis-bisnis merasakan dampak yang hebat akibat pandemi COVID-19. Kebijakan-kebijakan social distancing sangat menghambat operasi bisnis dan menimbulkan banyak kerugian, serta mendorong banyak perusahaan beroperasi secara sangat terbatas atau bahkan hingga bangkrut.
Di sisi lain, konsumen juga beradaptasi dengan keadaan normal yang baru ini. Karena tidak bisa pergi ke mall atau makan di restoran, orang-orang beralih ke platform digital untuk memenuhi kebutuhan mereka sehari-hari.
Tak hanya urusan jual-beli, aktivitas mereka pun banyak yang beralih ke metode daring atau online, seperti penggunaan media sosial dan layanan streaming. Maraknya pemberlakuan kebijakan bekerja dari rumah juga meningkatkan penggunaan berbagai perangkat berbasis online lainnya. Interaksi tatap muka secara langsung jarang ditemukan, dan bahkan tidak dianjurkan.
Lalu, apa artinya bagi bisnis kamu? Ini adalah saat yang tepat untuk beradaptasi, dan mendorong gerakan go digital untuk bisnis kamu. Mengapa demikian?
Sulitnya melakukan strategi offline di masa pandemi
Banyak bisnis yang harus membatalkan rencana atau strategi marketing-nya karena banyaknya pembatalan acara-acara ajang promosi dan aktivitas offline lainnya. Kini, semakin sulit bagi bisnis-bisnis untuk berinteraksi secara langsung dengan pelanggan dan calon pelanggannya, dan ini cukup berdampak pada performa mereka.
Karena itu, dalam beberapa waktu ke depan, jalur digital adalah jalur yang perlu ditempuh agar bisnis-bisnis dapat bertahan melewati masa sulit ini.
Memanfaatkan jalur digital yang tepat
Beberapa bisnis yang mengandalkan transaksi langsung kini harus mengalihkan fokusnya ke membangun brand dan berinteraksi dengan pelanggannya secara organik agar bisa tetap relevan. Beberapa bisnis dari industri yang berbeda dan dengan konsumen yang berbeda juga, akan memiliki tantangan yang berbeda juga. Inilah pentingnya memastikan penggunaan jalur digital yang tepat.
Media sosial
Karena sekarang banyak orang menghabiskan waktu lebih banyak menatap layar ponsel dan komputer, maka media sosial menghadirkan kesempatan bagi bisnis-bisnis untuk menjadi lebih dekat dengan pelanggannya dan memupuk trust mereka terhadap bisnis kamu.
Caranya? Memberi update atau konten reguler yang menarik secara organik akan sangat membantu kamu membangun image bisnis kamu.
Search engine optimization (SEO)
Mempelajari tentang SEO juga dapat membantu bisnis kamu karena SEO ini dapat meningkatkan kesempatan bisnis kamu dapat dijangkau oleh calon konsumen baru yang luas. Namun, perlu diingat juga bahwa biaya menggunakan perangkat penunjang SEO ini dapat berbeda-beda bagi tiap industri.
Memasuki new normal, tidak ada waktu yang lebih tepat untuk berinvestasi pada jalur digital. Selain untuk beradaptasi dengan kondisi new normal ini, transformasi digital juga akan membuahkan hasil memuaskan di masa-masa mendatang.